Cara Reset Aplikasi WhatsApp

Bagaimana cara mereset aplikasi WhatsApp? langkahnya sangat mudah dan fitur untuk mereset aplikasi WhatsApp sudah terintegrasi secara langsung sehingg tidak memerlukan aplikasi pihak ketiga untuk mengerjakan hal tersebut.

Ada juga sebuah alasan yang membuat kita harus mereset aplikasi WhatsApp, alasan utamanya karena sudah terlalu banyak data-data dari aplikasi WhatsApp sehingga ruang kosong pada memori hp sudah tidak dimungkinkan untuk menampung jumlah data yang besar tersebut.

Kebanyakan dari kita hanya bisa memakai aplikasi tanpa tahu bagaimana cara merawat aplikasi tersebut. Untuk jenis aplikasi yang jarang digunakan atau hanya di instal saja tapi tidak digunakan memang tidak akan memberi dampak negatif yang besar terhadap kinerja hp dalam jangka waktu yang singkat.

Berbeda ceritanya jika aplikasi di hp sering sekali sobat gunakan, Admin Popherald bisa menerawang aplikasi apa saja yang sering digunakan sobat sekalian yaitu  WhatsApp, Facebook, Youtube, Instagram, Line, Twitter dan Browser.

Apakah sobat tahu berapa banyak ruang space memori internal yang digunakan untuk itu semua? yup Admin Popheral yakin sobat pasti tidak tahu. Semakin banyak sobat chat, download gambar, video, audio serta file dokumen maka akan semakin banyak memori yang digunakan.

Jika masih dalam batas wajar tidak akan ada masalah, namun jika ternyata ada pemberitahuan jika memori penuh maka secara total hal ini akan mempengaruhi kinerja hp sobat mulai dari suka lag, slow respon, tidak bisa menyimpan file apapun, hp restart sendiri hingga yang paling parah adalah hp mati sendiri.

Tapi akan lain ceritanya jika sobat menggunakan hp yang memiliki sistem untuk bersih-bersih file sampah sehingga memori internal hp sobat tidak akan mudah penuh. Yup semua brand hp memang memiliki sistem khusus untuk bersih-bersih file sampah, tapi pertanyaanya apakah aplikasi tersebut bisa berjalan otomatis atau bisa kita konfigurasi lebih lanjut?

Cara Reset Total Aplikasi WhatsApp

Untuk membuat aplikasi WhatsApp bersih se bersihnya seperti waktu pertama kali digunakan maka perlu melakukan reset langsung dari aplikasi WhatsApp itu sendiri, dimana ketika ini dilakukan maka semua chat, media, konfigurasi yang pernah dilakukan sebelumnya akan hilang tanpa tersisa.

Untuk langkah lebih detailnya sobat Poherald bisa menyimak langkah demi langkah dibawah ini dan pastikan sobat membacanya secara utuh agar lebih paham dan tidak ada yang terlewat.

1. Buka pengaturan aplikasi Whatsapp sobat. Untuk membukanya berbeda untuk semua jenis smartphone tinggal sobat sesuaikan dimulai dari masuk ke Pengaturan sistem lalu pilih opsi Manajemen Aplikasi.

Cara Blokir Group WA Dan Keluar Group Wa Tanpa Ketahuan 15

2. Cari aplikasi WhatsApp lalu pilih aplikasi tersebut.

Cara Blokir Group WA Dan Keluar Group Wa Tanpa Ketahuan 16

3. Pilih opsi Penggunaan Memori/Penyimpanan.

Cara Blokir Group WA Dan Keluar Group Wa Tanpa Ketahuan 17

4. Kemudian pilih opsi Hapus data.

Cara Blokir Group WA Dan Keluar Group Wa Tanpa Ketahuan 18

5. Terakhir pilih opsi Hapus.

Cara Blokir Group WA Dan Keluar Group Wa Tanpa Ketahuan 19

Dengan begini maka semua data yang ada selama ini akan hilang dan tidak bisa dikembalikan lagi kecuali sebelumnya sobat sudah melakukan backup data Whatsapp.

Reset aplikasi yang dilakukan langsung melalui sistem android benar-benar digunakan untuk mereset total aplikasi WhatsApp. Sehingga sobat perlu melakukan konfigurasi ulang seperti pertama kali menggunakan aplikasi WhatsApp.

Cara Membersihkan Chat Personal atau Grup WhatsApp

Selain mereset aplikasi WhatsApp yang tentunya pasti akan menghapus semua data serta konfigurasi WhatsApp, ada pilihan lain yang bisa sobat lakukan yaitu membersihkan chat personal atau grup yang paling banyak memakan memori internal hp.

Dengan begitu setidaknya sobat sudah memberikan ruang yang jauh lebih banyak kepada memori internal sehingga tidak akan mengganggu kinerja hp. Ok langsung saja Admin Popherald perlihatkan caranya secara detail kepada sobat Popherald.

1. Jalankan aplikasi WhatsApp lalu sobat bisa pilih salah satu chat baik personal maupun grup yang akan di bersihkan chat serta media lainya.

Cara Reset Aplikasi WhatsApp 1

2. Setelah masuk ke chat personal maupun grup, selanjutnya sobat bisa pilih opsi Titik Tiga di pojok kanan atas.

Cara Reset Aplikasi WhatsApp 2

3. Selanjutnya sobat pilih opsi  Lainya.

Cara Reset Aplikasi WhatsApp 3

4. Lalu pilih opsi Bersihkan chat.

Cara Reset Aplikasi WhatsApp 4

5. Agar benar-benar membersihkan semua pesan chat serta media yang ada di dalam chat tersebut sobat harus memastikan bahwa Hapus Media Dari Telepon Saya sudah tercentang dan lanjut pilih opsi Bersihkan.

Cara Reset Aplikasi WhatsApp 5

Ketika sobat akan menghapus chat serta media di dalamnya pastikan jika sobat yakin untuk menghapus chat tersebut dan untuk berjaga-jaga setidaknya sobat sudah membackup terlebih dahulu data-data yang sobat anggap penting ke laptop atau komputer sobat.

Atau sobat juga bisa membackupnya dengan cara membuat screenshot terhadap kata-kata yang dianggap penting, begitu juga pada foto, video atau dokumen dan menyimpanya di hp yang sama tetapi sobat buatkan folder tersendiri sehingga dilain waktu masih bisa sobat lihat kembali.

Cara Membersihkan Semua Chat WhatsApp

Kalo sobat tidak mau melakukan konfigurasi ulang terhadap aplikasi WhatsApp yang sudah di reset maka sobat bisa hanya dengan menghapus seluruh chat beserta file-file WhatsApp. Dengan demikian sobat tidak harus memasukan nomor telp serta melakukan verifikasi WhatsApp.

Nomor kontak yang sudah sobat blokir dan konfigurasi WhatsApp lainya akan tetap aman alias tidak berubah sama sekali. Yuk sobat simak baik-baik langkah demi langkah yang akan Admin Popherald perlihatkan secara detail kepada sobat semua.

1. Buka aplikasi WhatsApp milik sobat lalu tanpa masuk ke dalam pesan chat personal atau grup, langsung saja sobat pilih opsi Titik Tiga di pojok kanan atas.

Cara Reset Aplikasi WhatsApp 6

2. Lalu sobat bisa memilih opsi Setelan.

Cara Reset Aplikasi WhatsApp 7

3. Selanjutnya sobat pilih opsi Chat.

Cara Reset Aplikasi WhatsApp 8

4. Nah pada Chat sobat bisa memilih opsi Riwayat Chat.

Cara Reset Aplikasi WhatsApp 9

5. Untuk menghapus semua chat beserta chat dan media di dalamnya sobat pilih opsi Hapus semua chat.

Cara Reset Aplikasi WhatsApp 10

6. Pastikan bahwa Hapus media dari telepon saya sudah tercentang dan sobat bisa memilih opsi Hapus.

Cara Reset Aplikasi WhatsApp 11

Jika semua data WhatsApp yang ada di hp sobat itu sangat penting maka Admin Popherald sarankan untuk membackup terlebih dahulu data tersebut menggunakan fitur cadangkan yang ada di WhatsApp sehingga nantinya sobat akan mempunyai 2 buah file bcakup yang tersimpan di Google Drive dan Memori Internal hp.

Sobat juga bisa membuat file Backup ke tiga yaitu dengan cara meyimpan file backup yang berada di hp ke laptop ataupun komputer milik sobat dan pastikan sobat memberikan tanggal backup sehingga akan sangat mudah sobat cari dibelakang hari.

Diatas adalah seklumit lika-liku yang harus sobat lakukan untuk cara reset aplikasi whatsapp, pastikan juga sobat memahami dengan baik informasi tambahan yang telah Admin Popherald berikan sehingga sobat akan jauh lebih paham dengan apa yang akan sobat lakukan.

Semoga penjelasan dari tutorial ini dapat membantu kesulitan yang sobat hadapi, agar tutorial ini lebih bermanfaat silahkan sobat share artikel ini ke semua sosial media milih sobat.

Category:
Tips
Tags:

Hai Selamat Datang Share pop.elizato.com