Cara & Efek Mengganti Nomor WhatsApp

Sobat ingin mengganti nomor WhatsApp? entah itu karena alasana karena telah membeli HP baru atau karena alasan privasi nomor sudah terlalu banyak tersebar, jadi perlu mengganti nomor WA.

WhatsApp sendiri tidak bisa digunakan tanpa nomor HP dan diperlukan nomor telepon yang aktif. Nomor telepon itu menjadi identitas unik bagi pengguna atau kontak sebagai tujuan berkirim pesan pada WhatsApp.

Jika sobat menggunakan Gmail maka akan memiliki alamat email aaaaaa&gmail.com dan itu sama dengan nomor kontak pada WA sebagai identitas dari kepemilikan akun, kamipun akan membahas plus minus

Cara mendaftar akun Whatsapp menggunakan nomor telepon dapat sobat baca pada artikel sebelumnya.

Identitas pada suatu akun apapun biasanya dapat dikelola dan diubah sesuai keinginan. Akun Whatsapp juga demikian, sobat bisa mengubah identitas seperti nama, foto profil dan nomor telepon.

Jika perubahan nama akun dan foto profil hanya dengan melalui pengaturan, ada sedikit perbedaan saat melakukan perubahan nomor telepon Whatsapp karena nomor telepon pada Whatsapp merupakan identitas unik yang berbeda pada setiap akun.

Mungkin sering kita jumpai jika ada yang ingin merubah nomor Whatsapp mereka hanya membuat akun baru menggunakan nomor baru dan meninggalkan akun yang lama.

Cara tersebut kurang efektif dan efeknya akan berbeda antara membuat akun baru dengan hanya mengganti nomor pada akun lama.

Kekurangan Membuat Akun WhatsApp Baru

1. Semua riwayat obrolan, telepon, group, dan lain-lain akan hilang. Mungkin bisa dicegah dengan mencadangkan (backup) riwayat seperti yang telah dibahas di artikel sebelumnya.

2. Sobat harus diundang kembali ke group-group yang ada di kontak lama.

3. Anggota group tidak akan mengetahui bahwa kontak lama sobat sudah tidak digunakan lagi.

4. Jika sobat menghapus akun lama sebelum membuat akun baru, group-group pada akun lama sobat akan mendapat pengumuman bahwa sobat meninggalkan group.

5. Kontak lama sobat tetap ada di daftar kontak teman sobat. Teman-teman sobat mungkin akan tetap menghubungi sobat ke kontak lama jika mereka tidak mengetahui bahwa sobat telah membuat kontak baru.

6. Dengan menghapus akun lama sebelum membuat akun baru maka kontak lama sobat pada Whatsapp teman-teman akan hilang dan mereka tidak akan menghubungi ke kontak lama sobat, mungkin akan meminta kontak baru sobat.

Efek Mengganti Nomor HP WhatsApp

1. Semua riwayat obrolan, telepon, group, dan lain-lain tetap ada. Sobat tidak perlu melakukan backup.

2. Sobat tetap tergabung pada group-group yang ada di kontak lama.

3. Anggota group akan mengetahui bahwa kontak lama sobat sudah berganti nomor telepon. Karena pada group akan tampil pemberitahuan bahwa kontak sobat mengganti nomor telepon.

4. Nomor lama sobat akan hilang dari daftar kontak Whatsapp teman sobat. Teman-teman sobat tidak akan menghubungi sobat ke kontak lama jika mereka tidak mengetahui bahwa sobat telah membuat kontak baru.

5. Dengan menghapus akun lama sebelum membuat akun baru maka kontak lama sobat pada Whatsapp teman-teman akan hilang dan mereka tidak akan menghubungi ke kontak lama sobat, mungkin akan meminta kontak baru sobat.

Maka dapat disimpulkan bahwa merubah nomor telepon pada akun Whatsapp lebih baik daripada membuat akun baru. Namun kedua hal tersebut juga masih jadi pertimbangan untuk kebutuhan yang berbeda.

Seperti jika sobat ingin menghilang dari orang-orang yang sobat kenal sebelumnya dan menghilang dari group-group lama sobat mungkin sobat akan lebih memilih membuat akun baru.

Jika pada artikel sebelumnya pernah dibahas mengenai cara membuat akun baru Whatsapp atau mendaftarkan nomor telepon untuk menggunakan Whatsapp, kali ini akan kami bahas cara mengganti nomor telepon pada akun Whatsapp.

Perlu diketahui bahwa perubahan nomor telepon akan memindahkan informasi akun, group dan pengaturan.

Sebelum memulai, pastikan nomor baru sobat dapat menerima SMS atau telepon. Jika sobat ingin mengganti nomor baru dan smartphone baru, pertama lakukan perubahan nomor pada smartphone lama sobat.

Cara Mengganti Nomor HP Di WhatsApp

1. Pada halaman utama Whatsapp, klik 3 titik yang ada pada sudut kanan atas layar untuk membuka pilihan menu.

Cara Mengganti Efek Membuat Nomor WhatsApp 1

2. Saat menu terbuka pilih setelan untuk membuka pengaturan Whatsapp.

Cara Mengganti Efek Membuat Nomor WhatsApp 2

3. Kemudian pilih opsi menu Akun.

Cara Mengganti Efek Membuat Nomor WhatsApp 3

4. Pilih opsi Ganti nomor.

Cara Mengganti Efek Membuat Nomor WhatsApp 4

5. Pada halaman Ganti nomor dijelaskan bahwa mengganti nomor telepon akan memindahkan informasi akun, grup dan setelan. Sebelum memulai, pastikan nomor baru sobat dapat menerima SMS atau telepon. Jika sobat ingin mengganti nomor baru dan smartphone baru, pertama lakukan perubahan nomor pada smartphone lama sobat. Setelah setuju dengan semua informasi tersebut, klik Lanjut.

Cara Mengganti Efek Membuat Nomor WhatsApp 5

6. Akan ada 2 kolom untuk nomor lama dan nomor baru. Nomor lama harus sesuai dengan nomor yang terdaftar pada akun sobat. Pastikan kedua nomor yang dimasukkan benar. Kemudian klik lanjut.

Cara Mengganti Efek Membuat Nomor WhatsApp 6

7. Pada tahap akhir penggantian nomor ada info lain yang harus sobat ketahui yaitu sobat bisa memilih untuk mengaktifkan Beri tahukan kontak saya, maka semua kontak sobat akan mendapatkan notifikasi mengenai perubahan nomor WhatsApp lama ke nomo baru.

Jika tidak di aktifkan maka hanya anggota grup saja yang akan mendapatkan pemberitahuan perubahan nomor sobat. Sesuaikan dengan kondisi sobat, lalu klik Selesai.

Cara Mengganti Efek Membuat Nomor WhatsApp 7

8. Whatsapp akan mengirim kode verifikasi ke nomor baru sobat melalui SMS seperti saat pertama kali menfdaftar akun Whatsapp. Jika sobat merasa salah memasukkan nomor baru sobat bisa klik “Wrong number?” untuk merubah nomor baru yang sobat masukkan.

Akan ada penghitung waktu agar sobat bisa meminta untuk dikirimi SMS ulang atau jika ada kendala dengan SMS sobat misa meminta kode melalui telepon.

Jika aplikasi Whatsapp sobat memiliki permision untuk membaca SMS, verifikasi nomor baru akan dilakukan secara otomatis saat smartphone menerima SMS tanpa sobat harus memasukkan kode verifikasi.

Cara Mengganti Efek Membuat Nomor WhatsApp 8

7. Setelah verifikasi berhasil akan ada pesan bahwa perubahan nomor berhasil. Klik Oke.

Cara Mengganti Efek Membuat Nomor WhatsApp 9

Grup-grup sobat akan mendapat pemberitahuan bahwa akun sobat telah berganti nomor. Perubahan kontak Whatsapp memang rumit karena masih menggunakan kontak smartphone sebagai sumber kontak. Daftar kontak Whatsapp merupakan daftar kontak pada smartphone yang sudah terdaftar menjadi akun Whatsapp.

Nah itulah cara & efek mengganti nomor HP WhatsApp, silahkan di bookmark halaman ini jika dirasa bermanfaat, dan jangan lupa untuk share tutorial ini kepada teman kalian 🙂

Category:
Tips
Tags:

Hai Selamat Datang Share pop.elizato.com