Cara Menambah Kontak & Menampilkan Kontak Di WhatsApp

Bagaimana cara menambahkan kontak WhatsApp ke HP kita? menambahkan konta WA ke dalam HP ada beberapa cara nanti kita akan bahas beberapa diantaranya, dengan cara manual dan juga secara semi otomatis.

Setiap nomor HP yang ada di kontak HP, belum tentu sudah terdaftar di WhatsApp, karena sebelum kita menggunakan WA nomor tersebut harus di daftarkan dulu pada aplikasi WA, sehingga sobat bisa menambahkan nomor tersebut kedalam kontak WA.

Mendaftar ke aplikasi Whatsapp saat ini hanya bisa menggunakan nomor telepon belum bisa menggunakan akun lainnya seperti akun Google, karena ini nanti menyangkut panggilan telepon, video call dan verifikasi nomor WA.

Tidak seperti SMS yang bisa langsung mengetikkan nomor telepon tujuan tanpa harus menyimpan ke dalam kontak, sobat harus menyimpan nomor tujuan sebagai kontak agar dapat mengirim pesan Whatsapp ke nomor tersebut.

Saat ini WhatsApp lebih sering digunakan daripada telepon ataupun SMS dengan jaringan operator. Mungkin beberapa dari sobat membedakan antara nomor HP khusus untuk keperluan WA, dengan nomor telepon untuk keperluan paket data, sms dan registrasi Email.

Karena memang kebanyak HP yang ada di Indonesia support dul sim card, slot pertama sebagai nomor utama dan slot kedua untuk paket data dan lainnya, sehinggal hal ini cukup lumrah, bahkan bisa saja satu orang memiliki dua kontak WA.

Perbedaan Nomor Kontak Biasa Dengan Nomor Kontak WhatsApp

Bagi orang awam yang baru mengenal per WA an pasti bingung membedakan Nomor WA dengan nomor biasa, simak penjelasan dibawah ini:

1. Kontak WhatsApp

Silahkan buka daftar kontak di HP sobat, perhatikan dengan seksama gambar dibawah ini. Ketika kontak telp sudah digunakan sebagai kontak WhatsApp maka pada kontak tersebut akan terlihat logo serta tulisan WhatsApp dan dari dalam kontak sobat bisa langsung melakukan chat, panggilan suara ataupun panggilan video.

Cara Menambah Kontak Menampilkan Kontak Di WhatsApp 1

2. Bukan (belum) Kontak WhatsApp

Untuk kontak telp yang belum dijadikan kontak WhatsApp maka tampilan dari kontak tersebut hanya polos saja dan tidak keterangan ataupun logo dari WhatsApp.

Cara Menambah Kontak Menampilkan Kontak Di WhatsApp 2

Dengan perbedaan yang mencolok tersebut tentunya sobat sudah bisa dengan sangat mudah mengetahui apakah kontak tersebut masih kontak biasa atau sudah dijadikan kontak WhatsApp.

Bagimana Cara Menambah Kontak Ke (WA) WhatsApp

Cara menambah kontak WhatsApp dapat dilakukan dengan berbagai cara, ketikkan nomor pada dialer HP. Kemungkinan tampilan atau tata letak tombol berbeda, sobat tinggal sesuaikan dengan tujuan yang sesuai.

Sebelumnya, pastikan kontak yang akan ditambahkan tidak salah dan sudah pernah mendaftar sebagai akun WhatsApp.

1. Buka aplikasi telp.

Cara Menambah Kontak Menampilkan Kontak Di WhatsApp 3

2. Masuk ke menu Kontak.

Cara Menambah Kontak Menampilkan Kontak Di WhatsApp 4

3. Pilih simbol tanda plus (+) di bagian pojok kanan atas.

Cara Menambah Kontak Menampilkan Kontak Di WhatsApp 5

4. Kemudian ketikkan nama kontak, nomor kontak dan klik Simpan.

Cara Menambah Kontak Menampilkan Kontak Di WhatsApp 6

5. Kontak baru sudah berhasil dibuat.

Cara Menambah Kontak Menampilkan Kontak Di WhatsApp 7

Kontak telah berhasil dibuat. Setelah itu adalah menampilkan kontak tersebut pada aplikasi WhatsApp.

Bisakah Cara Menambah Kontak (WA) Otomatis?

Tidak, semua harus dilakukan manual.. Kecuali memang nomor tersebut sudah ada dalam kontak kita dan kebetulan doi baru mendaftarkan nomor HP tersebut di aplikasi WhatsApp.

Apakah Bisa Mengirim Pesan WhatsApp Tanpa Menyimpan Nomor Tersebut?

Bisa, dengan catatan kalian bisa mengirim pesan ke nomor WhatsApp yang belum disimpan dengan cara akun tersebut sudah mengirim pesan ke sobat terlebih dahulu. Tutoral khusus ini bisa kalian cek pada materi bagian bawah untuk save nomor WA.

Jika dalam grup WA, maka kalian juga bisa langsung mengirim pesan ke anggota grup WA, chat didalam grup tanpa harus menyimpan kontak setiap anggota grup terlebih dahulu.

Kesalahan Apakah Yang Sering Dilakukan Ketika Membuat Kontak Baru WhatsApp?

Hal ini di dasari karena ketidak pahaman dan faktor tidak tahu, kesalahan pertama adalah sobat tidak pernah mengijinkan WhatsApp untuk membaca daftar kontak telp dan kesalahan kedua jika membuat kontak baru dengan menggunakan kode negara maka tidak perlu menambahkan angka 0 (nol) setelah kode negara.

Dan jika membuat kontak tanpa menggunakan kode negara maka harus di sertai angka 0 (nol) di awal nomor kontak telp.

Cara Menampilkan Kontak di (WA) WhatsApp

Jika kalian sudah menambahkan kontak WA, namun bingung caranya mau chat pertama kali, simak tutorial dibawah ini, sobat perlu menampilkan nomor kontak yang sudah di tambahkan di HP.

1. Sobat buka kembali aplikasi WA dan coba untuk membuat percakapan baru dengan memilih ikon Pesan di pojok kanan bawah, aplikasi WhatsApp akan secara otomatis memuat ulang daftar kontak pada smartphone sobat.

Cara Menambah Kontak Menampilkan Kontak Di WhatsApp 14

2. Kontak yang baru saja dibuat akan masuk ke dalam daftar jika kontak tersebut sudah mendaftarkan nomornya ke aplikasi WhatsApp. Jika aplikasi WhatsApp tidak memuat ulang kontak secara otomatis, sobat bisa melakukannya secara manual dengan klik 3 titik di bagian atas layar.

Cara Menambah Kontak Menampilkan Kontak Di WhatsApp 15

3.  Lalu pilih menu Perbaharui.

Cara Menambah Kontak Menampilkan Kontak Di WhatsApp 16

4. WhatsApp akan me reload ulang daftar kontak yang ada di daftar buku telp, sehingga seharusnya semua kontak yang sudah di daftarkan sebagai nomor WhatsApp akan di tampilkan dan di bawah ini adalah hasilnya. Pada langkah sebelumnya kontak Anto belum tampil tetapi sekarang sudah tampil di daftar kontak WhatsApp.

Cara Menambah Kontak Menampilkan Kontak Di WhatsApp 17

Jika cara tersebut tidak berhasil, sobat bisa membaca artikel kami sebelumnya yang berjudul Penyebab Kontak WhatsApp Hilang atau Tidak Tampil.

Cara Mengundang Teman di WhatsApp Dengan Nomor HP

[Soon]

[Soon]

 

Cara kedua yaitu dengan menyimpan kontak Whatsapp dari nomor yang pernah mengirim pesan ke sobat.

Cara Save Nomor Kontak (WA) WhatsApp Teman

Ini bisa terjadi jika teman kita sudah menambahkan nomor kontak kita di HP doi, Sedangkan kita belum menambahkan kontak teman kita tersebut, hal ini lebih mudah jika dibanding harus add kontak secara manual.

1. Masuk ke ruang obrolan sobat dengan kontak yang akan sobat simpan.

Cara Menambah Kontak Menampilkan Kontak Di WhatsApp 8

2. Klik opsi Tambahkan Ke Kontak di bagian bawah.

Cara Menambah Kontak Menampilkan Kontak Di WhatsApp 9 1

3. Pilih Tanda Plus (+) jika sobat ingin menyimpan sebagai kontak baru atau pilih kontak yang sudah ada jika sobat ingin menambahkan nomor ke kontak yang telah dibuat.

Cara Menambah Kontak Menampilkan Kontak Di WhatsApp 10

4. Kemudian beri nama kontak dan klik Simpan untuk menyimpan.

Cara Menambah Kontak Menampilkan Kontak Di WhatsApp 11

5. Kontak baru akan terbuat.

Cara Menambah Kontak Menampilkan Kontak Di WhatsApp 12

6. Setelah itu sobat kembali ke ruang obrolan tadi dan kontak tersebut akan memiliki nama sesuai dengan yang sobat simpan.

Cara Menambah Kontak Menampilkan Kontak Di WhatsApp 13

Nama pada kontak WhatsApp merupakan nama dari kontak yang sobat simpan dalam Smartphone. Tidak seperti aplikasi sosial media lainnya yang memiliki username yang dapat dilihat oleh semua orang.

Pada saat mendaftar akun WhatsApp sobat diminta untuk memasukkan nama. Nama itu akan tampil pada grup disamping nomor HP sobat jika nomor sobat belum disimpan oleh pembaca atau orang lain dalam grup tersebut.

Bisakah Mengelabui Kontak WhatsApp?

Tentun saja bisa, trik ini dilakukan bagi sobat yang suka menjaga rahasia atau tidak ingin semua hal yang berkaitan dengan pribadi di ketahui orang lain. Triknya adalah dengan menambah atau mengurangi angka nomor telp.

Saran Admin sih lebih baik menambahkan angka baru di belakang nomor aslinya agar sobat selalu ingat dan pastinya mengganti nama kontak juga harus dilakukan untuk pengamanan berlapis.

Nah itulah cara menambah & menampilkan kontak di WhatsApp, silahkan di bookmark halaman ini jika dirasa bermanfaat, dan jangan lupa untuk share tutorial ini kepada teman kalian 🙂

Category:
Tips
Tags:

,