Cara Memindahkan Akun Whatsapp ke HP Baru

Alasan utama harus memindahkan akun WhatsApp ke hp baru? tentu saja kita tidak ingin kehilangan semua pesan dan data-data WhatsApp hilang begitu saja apalagi jika sudah menggunakan WhatsApp dalam waktu yang lama.

Pastinya banyak memori yang tersimpan mulai dari hal yang penting seperti berkas atau catatan pekerjaan, pesan-pesan moral dari orang tua, kenangan dengan keluarga, teman bahkan pacar hingga kenangan yang buruk.

Cara untuk memindahkan akun Whatsapp ke smartphone baru cukup mudah, sobat hanya tinggal mengunduh aplikasi Whatsapp di smartphone baru, kemudian masuk menggunakan nomor telepon sobat seperti biasa. Dengan cara ini akun Whatsapp pada smartphone lama tidak akan berfungsi dan keluar secara otomatis.

Permasalahannya adalah riwayat chat sobat menjadi kosong pada smartphone baru tersebut. Sobat bisa memanfaatkan fitur backup agar semua riwayat Whatsapp pada smartphone lama ikut berpindah ke smartphone baru. Berikut kami berikan tutorial cara memindahkan akun Whatsapp ke HP baru:

Fitur backup ada 2 cara yaitu dengan menggunakan Google Drive atau menggunakan penyimpanan smartphone. Google Drive adalah penyedia jasa penyimpanan cloud gratis yang bisa sobat gunakan untuk melakukan backup Whatsapp.

Dengan melalui Google Drive sobat harus menyiapkan koneksi Wi-Fi atau paket kuota yang besar, karena fitur ini akan mengunggah riwayat ke server cloud dan kemudian diunduh kembali oleh smartphone baru. Lebih baik menggunakan koneksi Wi-Fi yang tidak menggunakan kuota internet atau sering kita sebut unlimited.

Namun, jika sobat melakukan backup menggunakan penyimpanan smartphone, sobat tinggal menyiapkan penyimpanan smartphone yang masih menyisakan penyimpanan yang besar tergantung dari pemakaian aplikasi Whatsapp sobat. Cara backup aplikasi Whatsapp akan kami bahas pada artikel selanjutnya.

Hal yang harus disiapkan

Beberapa persiapan yang diperlukan agar dapat melakukan pemindahan Whatsapp dari smartphone lama ke smartphone baru:

1. Smartphone baru.

Smartphone baru atau lama yang akan sobat jadikan tujuan pemindahan akun Whatsapp harus sudah memenuhi syarat spesifikasi minimal untuk memasang Whatsapp. Diantaranya:

  • Android OS 5.0 atau lebih tinggi.
  • Tablet devices tidak mendukung.
  • Penyimpanan kosong 1GB.

2. Media penyimpanan.

Siapkan media penyimpanan pada smartphone tujuan minimal 1GB. Apakah aplikasi Whatsapp memakan sebanyak itu? Disiapkan sebesar itu agar aplikasi Whatsapp tetap berjalan normal walau sudah digunakan cukup lama.

3. Koneksi internet.

Disarankan menggunakan koneksi Wi-Fi atau yang tidak menggunakan batas kuota internet. Karena sobat akan mengunduh dari internet.

4. Kontak

Pastikan kontak pada smartphone lama sobat juga dipindahkan ke smartphone baru agar semua kontak Whatsapp tetap ada.

Setelah semua syarat tersebut sudah disiapkan, langsung saja sobat simak dan coba cara memindahkan akun Whatsapp ke smartphone baru / tujuan berikut:

Memindahkan Akun Whatsapp ke Smartphone Baru

Kegiatan memindahkan akun WhatsApp akan sering terjadi dalam beberapa waktu kedepan dimana alasan utamanya adalah mengganti hp lama ke hp baru yang lebih tinggi spesifikasinya untuk menunjang aktifitas kita minimal 2 tahun kedepan.

A. Pada Smartphone Lama :

Peforma yang menurun dan teknologi yang sudah ketinggalan zaman menjadi salah satu faktor penyebab sobat beralih ke hp baru, tentunya ada beberapa hal yang perlu sobat lakukan pada hp lama agar setiap data pribadi sobat tetap tersimpan dengan rapat.

1. Cari aplikasi WhatsApp lalu pilih dan tahan beberapa saat, selanjutnya pilih opsi Hapus.

Cara Memindahkan Akun Whatsapp ke HP Baru 1

2. Menghapus aplikasi WhatsApp akan juga menghapus semua datanya. Pastikan sobat sudah membackup data WhatsApp, lanjut pilih opsi Hapus.

Cara Memindahkan Akun Whatsapp ke HP Baru 2

Jangan lupa sobat hapus / uninstall aplikasi Whatsapp untuk mempermudah proses pemindahan akun dan menghindari hal yang tidak diinginkan. Untuk beberapa smartphone bisa menghapus langsung dari beranda / halaman awal, tapi untuk semua smartphone juga bisa menghapus dari pengaturan aplikasi.

B. Pada Smartphone Baru / Tujuan :

Hp baru sudah pasti lebih joss dari hp lama, sistem operasi android yang selalu berkembang membutuhkan perangkat keras yang lebih maju agar bisa berjalan lebih baik sesuai ketentuan dibuatnya sistem tersebut. Aplikasi pendukung juga harus menyesuaikan terutama aplikasi yang sering sobat gunakan.

1. Buka Aplikasi Appstore. Sobat bisa coba membukanya melalui Google Assistance biar lebih keren sedikit. Masukan kata kunci “Whatsapp” pada kotak pencarian Google Play Store. Sebelum selesai memasukkan kata tersebut biasanya akan langsung memunculkan rekomendasi pencarian, silahkan sobat Instal dan Open.

Cara Memindahkan Akun Whatsapp ke HP Baru 3

2.  Pilih opsi Agree And Continue.

Cara Memindahkan Akun Whatsapp ke HP Baru 4

3. Aplikasi WhatsApp meminta izin untuk dapat mengakses kontak telp, pilih Continue.

Cara Memindahkan Akun Whatsapp ke HP Baru 5

4. Selanjutnya WhatsApp meminta izin untuk bisa membaca kontak dan menghapus kontak, pilih opsi Alow.

Cara Memindahkan Akun Whatsapp ke HP Baru 6

5. Pilih negara Indonesia dengan kode negara +62 kemudian isi nomer telepon sobat. Perlu diingat kode negara merupakan pengganti nomor nol (0) pada nomor depan telepon sobat. Jadi sobat tinggal mengisi mulai dari nomor kedua. Pilih opsi Next.

Cara Memindahkan Akun Whatsapp ke HP Baru 7

6. Kode verifikasi akan dikirimkan ke no yang di daftarkan untuk menjadi Akun WhatsApp, jika nomor yang dimasukan sudah benar sobat bisa pilih Ok.

Cara Memindahkan Akun Whatsapp ke HP Baru 8

7. Kode verifikasi akan terisi secara otomatis jika nomor tersebut berada pada perangkat yang sama dengan aplikasi WhatsApp yang di instal.

Cara Memindahkan Akun Whatsapp ke HP Baru 9

8. WhatsApp akan mencari fil backup di google drive jadi izinkan WhatsApp untuk mengakses kontak telp, pilih opsi Continue.

Cara Memindahkan Akun Whatsapp ke HP Baru 10

9. Pilih opsi Allow.

Cara Memindahkan Akun Whatsapp ke HP Baru 11

10. File Backup berhasil ditemukan, pilih opsi Restore untuk mengembalikan semua chat yang telah di backup.

Cara Memindahkan Akun Whatsapp ke HP Baru 12

11. File Backup WhatsApp berhasil di Restore, pilih opsi Next.

Cara Memindahkan Akun Whatsapp ke HP Baru 13

12. Jika foto dan nama profil sudah sesuai, pilih opsi Next.

Cara Memindahkan Akun Whatsapp ke HP Baru 14

13. Akhirnya semua chat WhatsApp sudah berhasil di pindahkan ke hp yang baru.

Cara Memindahkan Akun Whatsapp ke HP Baru 15

Mungkin rekan sobat mencoba untuk mengirim chat di saat sobat sedang memindahkan akun Whatsapp. Kemungkinan yang terjadi yaitu antara chat tersebut berhasil terkirim saat proses pemindahan akun selesai atau chat tersebut tidak terkirim dengan tetap berstatus 1 centang.

Mengapa Sering Memindahkan Akun WhatsApp Ke Perangkat Berbeda Dilarang?

Secara moral itu adalah sesuatu hal yang sangat tidak baik dan dari pihak WhatsApp sudah menjelaskan bahwa akun WhatsApp hanya bisa di verifikasi dengan satu nomor telepon dan satu perangkat. Perihal ini juga termasuk dari salah satu keamanan WhatsApp yang mencegah di salah gunakanya akun WhatsApp.

Nah jika sobat masih membandel dan sering memindahkan akun WhatsApp ke perangkat-perangkat berbeda maka pada titik tertentu proses verifikasi akun akan di blokir.

Nah itulah cara memindahkan akun WhatsApp ke hp baru, silahkan di bookmark halaman ini jika dirasa bermanfaat, dan jangan lupa untuk share tutorial ini kepada teman kalian 🙂

Category:
Tips
Tags:

Hai Selamat Datang Share pop.elizato.com