Logout WhatsApp Web & Logout WhatsApp Dari Android

Mengapa harus logout dari WhatsApp web dan WhatsApp di android? keamanan data pribadi harus di utamakan itulah alasan harus logout dari aplikasi WhatsApp. Terutama ketika membuka WhatsApp melalui WhatsApp web yang biasanya di buka melalui laptop atau komputer.

Logout dari WhatsApp di hp juga harus dilakukan ketika sobat akan menggunakan perangkat hp baru, walaupun tanpa logout sekalipun jika ada yang coba-coba membajak WhatsApp sobat akan ada permintaan verifikasi.

Aplikasi sosial media seperti Whatsapp membutuhkan suatu akun sebagai identitas masing-masing penggunanya. Seperti yang pernah kita bahas sebelumnya, Identitas yang diperlukan pada aplikasi Whatsapp yaitu nomor telepon untuk mewakili suatu akun Whatsapp.

Cara masuk sebagai pengguna Whatsapp yaitu dengan memasukkan nomor telepon sobat dan memasukkan kode verifikasi melalui SMS. Cara lebih lengkap bisa sobat baca pada artikel kami sebelumnya. Sayangnya sampai saat ini masuk ke akun Whatsapp hanya bisa menggunakan nomor telepon.

Mungkin bertujuan untuk menghindari adanya program / bot yang ikut mendaftar. Sobat pernah mendaftar akun lain seperti Facebook cukup menggunakan email bukan? Ternyata bot sendiri juga memiliki alamat email yang beragam. Hal itu mungkin menjadi salah satu alasannya.

Dalam lingkungan kantor mungkin sobat lebih nyaman menggunakan komputer daripada handphone. Whatsapp sudah dilengkapi fitur agar sobat bisa menggunakan Whatsapp di komputer atau laptop.

Perlu diperhatikan jika sobat menggunakan Whatsapp di selain komputer pribadi untuk logout dari Whatsapp web pada komputer tersebut. Sobat tidak ingin orang lain mengakses Whatsapp sobat bukan?

Cara Logout Whatsapp Web Dari Komputer

Caranya cukup mudah yaitu pada halaman web.whatsapp.com klik 3 titik di atas sidebar kiri untuk membuka menu kemudian klik Logout. Setelah itu Whatsapp web pada komputer tersebut tidak lagi terhubung dengan Whatsapp sobat.

Cara Logout Whatsapp Web Dan Di Android 1

Namun bagaimana jika sobat tidak lagi menggunakan komputer yang sudah terhubung dengan Whatsapp sobat? Tidak perlu panik karena sobat bisa logout langsung dari smartphone sobat. Perhatikan cara berikut:

Cara Logout Whatsapp Web Dari Smartphone

1. Pada halaman utama Whatsapp klik 3 titik yang ada pada sudut kanan atas layar untuk membuka pilihan menu.

Cara Logout Whatsapp Web Dan Di Android 2

2. Ketika menu sudah terbuka pilih Whatsapp Web untuk membuka pengaturan Whatsapp Web.

Cara Logout Whatsapp Web Dan Di Android 3

3. Pada halaman Whatsapp Web sobat bisa melakukan logout dari salah satu komputer atau dari semua komputer. Dari sini sobat dapat mengetahui apakah ada yang pernah melakukan penyadapan terhadap Whatsapp sobat melalui Whatsapp Web. Pilih opsi Keluar dari semua perangkat.

Cara Logout Whatsapp Web Dan Di Android 4

4. Untuk mengakhiri pilih Keluar.

Cara Logout Whatsapp Web Dan Di Android 5

Setelah mengamankan akun Whatsapp sobat dari komputer, ada kemungkinan lain yang mengharuskan sobat mengamankan akun seperti akan berganti smartphone atau smartphone sobat akan diperbaiki oleh jasa service dalam beberapa hari. Sobat bisa melakukan logout Whatsapp dari smartphone tanpa menghapus akun.

Perbedaannya kontak sobat tidak menghilang pada Whatsapp teman-teman yang menyimpan kontak sobat. Selain itu sobat tidak akan keluar dari group-group yang pernah bergabung. Saat logout dari smartphone ada kemungkinan data-data riwayat Whatsapp sobat menghilang. Untuk berjaga-jaga sobat bisa melakukan backup atau pencadangan data Whatsapp sobat.

Cara yang digunakan yaitu dengan menghapus data aplikasi karena dari Whatsapp sendiri belum ada fitur logout. Tutorial backup Whatsapp dapat sobat baca pada artikel kami sebelumnya. Untuk logout Whatsapp dari smartphone android perhatikan cara berikut:

Cara Logout Dari Whatsapp Android

Tutorial kali ini menggunakan smartphone android dengan MIUI 9. Sobat bisa sesuaikan dengan versi milik sobat dengan tujuan yang sama.

1. Buka pengaturan android, sobat bisa membuka pengaturan dari desktop, panel notifikasi, atau dari manapun lalu masuk ke Manajemen Aplikasi.

Cara Logout Whatsapp Web Dan Di Android 6

2. Cari aplikasi Whatsapp lalu pilih aplikasi tersebut agar bisa masuk ke konfigurasi dari aplikasi Whatsapp.

Cara Logout Whatsapp Web Dan Di Android 7

3. Masuk ke Penggunaan Memori.

Cara Logout Whatsapp Web Dan Di Android 8

4. Akan tampil detail aplikasi Whatsapp. Langkah selanjutnya yaitu sobat klik Hapus data. Pada tampilan ini tombol hapus data ada pada bagian bawah layar.

Cara Logout Whatsapp Web Dan Di Android 9

5. Pilih Hapus sekali lagi dengan begini maka sobat sudah logout dari aplikasi Whatsapp.

Cara Logout Whatsapp Web Dan Di Android 10

Setelah itu aplikasi Whatsapp pada android sobat seperti baru diinstall dan sobat diharuskan untuk masuk kembali. Cara ini sebenarnya tidak aman dan mungkin merusak aplikasi. Jika ada masalah setelah sobat melakukan penghapusan data, sobat bisa uninstall aplikasi ini dan install kembali dari Google Play Store.

Jika keperluan sobat adalah untuk masuk menggunakan nomor lain untuk sementara, sobat bisa menggunakan fitur dual apps pada smartphone sobat. Tapi tidak semua tipe smartphone memiliki fitur dual apps. Jika tidak ada, sobat bisa memasang dari Google Play Store karena sudah bermacam-macam aplikasi yang menyediakan fitur dual apps.

Kenapa Harus Selalu Waspada Ketika Menggunakan WhatsApp?

Adanya fitur WhatsApp Web sebenarnya sangat bermanfaat terutama bagi sobat yang aktif menggunakan laptop atau komputer, namun fitur tersebut bisa disalah gunakan ketika yang menggunakanya orang yang tidak bertanggung jawab.

Maka dari itu sobat harus terus memastikan fitur WhatsApp Web yang ada pada hp dalam kondisi logout atau tidak ada perangkat yang telah masuk.

Nah itulah cara logout whatsApp web & logout whatsapp dari android, silahkan di bookmark halaman ini jika dirasa bermanfaat, dan jangan lupa untuk share tutorial ini kepada teman-teman sobat.

Category:
Tips
Tags:

Hai Selamat Datang Share pop.elizato.com