Cara Membuat Link Join Grup WhatsApp

Kenapa link join grup WhatsApp di anggap lebih baik? teknik ini sama sekali tidak memberikan unsur paksaan kepada siapapun sehingga keinginan untuk bergabung muncul otomatis dari orang yang memiliki link. Itulah alasan cara membuat link join grup WhatsApp harus di ketahui oleh semua pengguna aplikasi WhatsApp.

Sebelum fitur link join grup ada di WhatsApp banyak sekali dari para pengguna WhatsApp yang merasa kesal karena tanpa ada ijin dari yang bersangkutan secara tiba-tiba sudah tergabung dalam grup WhatsApp bahkan bukan hanya satu grup saja dan bisa lebih dari lima grup.

Walaupun setelah adanya fitur link join grup WhatsApp sama sekali tidak secara signifikan mengurangi prilaku admin grup WhatsApp untuk memasukan orang lain menjadi bagian dari anggota grup, jadi sepertinya yang harus di ubah adalah cara berfikir dari para admin grup WhatsApp (Revolusi Mental) wkwkwk.

Namun tidak semua orang merasa benci atau marah ketika tahu dirinya sudah ditambahkan kedalam grup WhatsApp. Sebagai contoh jika dimasukan kedalam grup WhatsApp Perusahaan, Lingkungan tempat tinggal, Keluarga ataupun grup Sekolah jaman dulu.

Penyebab WhatsApp Menghadirkan Fitur Link Join Grup

Banyaknya hal-hal negatif yang terjadi dan bisa di bilang melanggar kebebasan hak asasi manusia menjadi sebagian alasan dari dibuatnya fitur link join grup WhatsApp. Suara-suara tersebut masuk dari para pengguna WhatsApp sehingga seharusnya bisa di dengar dengan baik oleh pengembang WhatsApp.

Di tambah lagi WhatsApp memiliki Tim Beta yang secara default selalu memberikan masukan berharga, Tim Beta di sini terdiri dari orang-orang umum pengguna WhatsApp yang jumlahnya sangat banyak dan bagi sobat yang tidak termasuk dalam Tim Beta juga bisa memberikan masukan langsung dari Google Play Store.

Untuk dapat terus eksis di media sosial dan memberikan layanan serta fitur yang bermanfaat akhirnya WhatsApp membuat fitur baru yaitu Invite Link atau Tautan Undangan. Ini adalah jawaban dari semua keluhan mengenai cara menambahkan anggota grup.

Karena admin grup adalah orang yang di anggap pantas dalam berbagai aspek maka kebijakan dalam pengunaan fitur link join grup berada di tangan admin, jadi semoga saja orang tersebut memang pantas menjadi admin grup WhatsApp.

Tips Menjadi Admin Grup WhatsApp Yang Kompeten

Cocok banget ni bagi sobat yang mau membuat grup WhatsApp atau sudah menjadi admin grup WhatsApp agar grup yang sobat miliki selalu dalam kondisi yang kondusif. Berikut beberapa hal yang harus sobat perhatikan :

1. Ramah dan mudah bergaul

2. Memiliki pendirian yang tetap sesuai aturan

3. Membuat peraturan yang jelas, mudah di mengerti dan tidak melanggar HAM

4. Tidak berat sebelah “Netral”

5. Menyelesaikan masalah grup sesuai dengan peraturan yang telah dibuat

6. Aktif dalam grup dan memberikan info yang bermanfaat

7. Tidak melanggar peraturan yang telah dibuat

8. Mengutamakan kepentingan grup dari pada kepentingan pribadi

9. Menambah admin grup jika grup sudah semakin besar

Sebaiknya 9 poin di atas di ketahui oleh semua admin dan anggota grup agar selalu tercipta kondisi yang harmonis di dalam grup serta bisa menjadi sumber informasi yang bermanfaat bagi anggota grup.

Cara Membuat Link Join Grup Untuk Menambah Anggota WhatsApp

Adanya fitur ini telah membuat aplikasi WhatsApp menjadi salah satu aplikasi yang memiliki etika dalam mengundang atau menambahkan anggota grup. Untuk penerapanya sendiri terbilang sangat mudah mulai dari membuat link hingga membagikanya kepada calon anggota grup.

Langsung saja akan Admin Popherald jelaskan dengan detail untuk cara membuat link join grup WhatsApp dan pastikan sobat mempraktekan setiap langkahnya sesuai dengan yang Admin Popherald jelaskan.

1. Buatlah sebuah grup WhatsApp, dengan minimal sudah ada satu orang calon anggota grup.

2. Pastikan sobat adalah seorang Admin grup baik sebagai seorang pembuat grup atau anggota yang sudah di angkat menjadi admin grup.

3. Masuk ke dalam grup WhatsApp lalu pilih Titik Tiga yang berada di sisi pojok kanan atas.

Cara Membuat Link Join Grup WhatsApp 1

4. Selanjutnya sobat popherald bisa pilih opsi Info Grup.

Cara Membuat Link Join Grup WhatsApp 2

5. Setelah masuk ke dalam info grup, lakukan scrol ke bawah hingga sobat menemukan opsi menu Undang via tautan lalu pilih opsi tersebut.

Cara Membuat Link Join Grup WhatsApp 3

6. Sobat popherald akan mendapatkan generate link dari grup WhatsApp yang sobat ikuti. Terdapat 3 pilihan cara membagikan link join grup, opsi Pertama Kirim tautan via WhatsApp dan jika opsi ini di pilih maka sobat akan langsung di arahkan ke daftar teman yang ada di kontak WhatsApp.

Kedua opsi Salin tautan dan jika opsi ini yang dipilih maka sobat sudah membuat copy dari link join grup, tinggal sobat menentukan mau melakukan paste dimana dari link tersebut.

Yang Ketiga ada opsi Bagikan tautan, jika opsi ini yang sobat pilih maka sobat akan menemukan beberapa opsi untuk membagikan link join grup seperti di bagikan melalui facebook, twitter, whatsapp, instagram, email, sms, google drive, telegram, catatan, bluetooth dll.

Tinggal sobat sesuaikan saja dengan ke inginan sobat, disini Admin Popherald mencontohkan menggunakan pilihan pertama yaitu memilih opsi Kirim tautan via WhatsApp.

Cara Membuat Link Join Grup WhatsApp 4

7. Pilih satu atau beberapa teman yang akan kita kirimi link join grup.

Cara Membuat Link Join Grup WhatsApp 5

8. Setelah selesai memilih teman lalu pilih opsi icon Kirim atau Send di pojok kanan bawah.

Cara Membuat Link Join Grup WhatsApp 6

9. Maka kita akan diarahkan ke percakapan pribadi beserta link yang sudah otomatis di paste, sobat tinggal pilih opsi icon Kirim maka link join grup akan di kirimkan ke calon anggota grup.

Cara Membuat Link Join Grup WhatsApp 7

10. Nah ini adalah WhatsApp dari calon anggota grup, jadi Admin grup yang mengirimkan link join grup bernama Danis. Langsung saja pilih pesan yang masuk tersebut.

Cara Membuat Link Join Grup WhatsApp 8

11. Akan terlihat nama grup yang mengundang, untuk bergabung ke grup yang dimaksud pilih opsi Bergabung ke grup.

Cara Membuat Link Join Grup WhatsApp 9

12. Akan diperlihatkan siapa saja yang sudah bergabung di dalam grup tersebut, lanjut pilih opsi BERGABUNG KE GRUP.

Cara Membuat Link Join Grup WhatsApp 10

13. Berikut penampakan setelah bergabung ke dalam grup, di dalam chat grup sobat juga bisa melihat ada keterangan Anda bergabung menggunakan tautan undangan grup ini. Untuk orang yang dimasukan tidak melalui tautan maka informasinya akan berbeda contohnya saja Admin telah menambahkan…… seperti itu.

Cara Membuat Link Join Grup WhatsApp 11

Dengan adanya link join grup berarti si Admin grup sudah menggunakan cara yang sopan dalam menambahkan anggota dari grup WhatsApp karena keputusan untuk mau bergabung atau tidak mau bergabung mutlak berada di calon anggota grup.

Bagi sobat yang memiliki ke tertarikan yang sama pasti akan langsung ikut bergabung ke dalam grup tetapi bagi sobat yang masih pikir-pikir bisa bertanya dulu ke admin grup mengenai detail grup mulai dari yang dibahas, peraturan, kegiatan grup dll atau malah tidak menanggapinya sama sekali.

Apa Yang Harus Di Perhatikan Admin Grup Ketika Membagikan Link Join Grup?

Hal yang menjadi catatan penting ketika akan membagikan link join grup WhatsApp adalah memastikan bahwa orang tersebut merupakan benar-benar orang yang soba kenali agar link tersebut tidak di salah gunakan.

Di khawatirkan orang tersebut meneruskan link join grup ke orang lain yang tidak sobat kenali atau membagikanya ke media sosial. Karena siapa pun yang memiliki link tersebut bisa dengan mudah bergabung ke dalam grup yang sobat buat.

Walaupun sebagai Admin bisa dengan mudah mengeluarkan anggota grup yang tidak di kenali, tetapi tentunya hal ini bisa berefek negatif untuk keberlangsungan grup. Memang sih tidak akan berdampak besar kepada grup karena setidaknya Admin bisa menjelaskan kenapa hal tersebut dilakukan.

Bagaimana Cara Membatalkan Link Join Grup Yang Sudah Di Bagikan?

Caranya sangat mudah sekali sobat bisa melakukan langkah-langkah yang sama ketika akan membagikan link join grup, nantinya sobat bisa memilih opsi Batalkan tautan maka seketika itu pula link yang sudah dikirimkan tadi menjadi tidak berfungsi.

Dan saat itu pula link join grup atau link tautan yang baru dibuat secara otomatis sehingga untuk menambah anggota baru harus menggunakan link join grup yang baru dengan begini maka grup WhatsApp akan selalu aman dari orang-orang yang tidak sejalan atau orang-orang yang tidak di inginkan untuk bergabung.

Apakah Anggota Grup Akan Mengetahui Jika Ada Anggota Baru?

Yup tentu saja, bahkan anggota yang lain bisa mengetahui bagaimana cara anggota baru tersebut di tambahkan. Bisa jadi ditambahkan oleh Admin grup yang bernama….. bisa juga bergabung melalui link join grup.

Diatas adalah seklumit lika-liku yang harus sobat lakukan untuk cara membuat link joint grup whatsapp, pastikan juga sobat memahami dengan baik informasi tambahan yang telah Admin Popherald berikan sehingga sobat akan jauh lebih paham dengan apa yang akan sobat lakukan.

Semoga penjelasan dari tutorial ini dapat membantu kesulitan yang sobat hadapi, agar tutorial ini lebih bermanfaat silahkan sobat share artikel ini ke semua sosial media milih sobat.

Category:
Apps
Tags:

,